"Berbagi cerita adalah salah satu ungkapan syukur dari kehidupan"

Aksi Guru Merdeka Belajar

Posted by : Sandal Kecil
Bagian 1
Bersama Penggerak, Bergerak Bersama

Kurang lebih dua tahun yang lalu, seorang teman seperjuangan mengenalkan saya pada sebuah komunitas. Komunitas ini bernama Guru Belajar. Nama komunitas yang asing di telinga. Awal kali menjadi anggota, saya diberi kesempatan menjadi pembicara daring dan luring. Bisa dibilang pengalaman yang menyadarkan. Ternyata saya yang baru kemarin sore ini perlu lebih dipoles lagi.

Miskonsepsi yang secara pribadi saya alami yaitu, "Minimnya pengalaman mengajar membuat saya selalu kesulitan mengatur kelas." Saya melupakan hal dasar yang membawa saya menjadi seorang guru. Ide-ide semakin menghilang karena banyak mengalami penolakan. Dari situlah saya memutuskan untuk banyak mengenali diri saya di depan anak-anak didik saya. Saya membutuhkan banyak energi positif dan kemerdekaan untuk bisa menjadi guru yang lebih baik lagi bagi anak-anak didik saya.

Tubuh dibersihkan dengan air. Hati dibersihkan dengan air mata. Akal dibersihkan dengan pengetahuan. Dan jiwa dibersihkan dengan cinta. – Ali bin Abi Thalib

Bertemu dengan para penggerak di komunitas ini, seperti menemukan motivator di kala frustasi. Melangkah dan membuat perubahan di dalam kelas kita masing-masing bisa kita lakukan dengan banyak menyimak referensi dari guru seperjuangan. Dalam pelatihan Guru Merdeka Belajar yang kita adakan saat libur hari buruh beberapa waktu lalu, melahirkan pemahaman bahwa tidak cukup seorang pendidik hanya melibatkan murid saja, tetapi seorang guru harus terus belajar untuk memahami murid yang mereka didik.

Kebutuhan berjejaring dan keinginan belajar yang tinggi membawa saya berada di sini. Tanpa dituntut, tanpa diinstruksikan, kami guru akan selalu siap belajar, selama apa yang kami pelajari adalah apa yang kami butuhkan.

Selamat menularkan semangat belajar.
Dari alumni kelas merdeka belajar semarang angkatan pertama  ☺☺☺
Tuesday, May 7, 2019

0 comments:

Copyright © 2012 HENSHIN !!! | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Johanes DJ