"Berbagi cerita adalah salah satu ungkapan syukur dari kehidupan"

Praktikum Inkuiri

Posted by : Sandal Kecil


“DARI MANAKAH ASAL PELANGI ?”

LAPORAN PRAKTIKUM
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Praktikum IPA
Dosen Pengampu: Ibu Desi Wulandari




Disusun Oleh:

Nama    : Wahyu Aditya Manunggal
NIM      : 1401411465
Rombel : 10




PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014

TERBENTUKNYA PELANGI
I.          Judul Praktikum
Dari manakah asal pelangi ?

II.       Pertanyaan Penyebab
Mengapa pelangi bisa terbentuk ?

III.     Hipotesis
Karena hasil dari penguraian cahaya

IV.    Prosedur Percobaan
Percobaan I
1.    Menyiapkan alat penyemprot tanaman atau semprotan bekas pewangi / pelembut pakaian
2.    Mengisi alat penyemprot dengan air sampai penuh
3.    Menyemprotkan air di area yang terkena sinar matahari, misalnya di luar ruangan
4.    Mengamati peristiwa atau gejala yang muncul (memperhitungkan jarak pengamatan)
5.    Mencatat hasil percobaan
Percobaan II
1.    Menyiapkan ember, air, cermin, dan kertas putih A4
2.    Mencari tempat yang terkena sinar matahari
3.    Mengarahkan berkas pantulan cahaya langsung pada kertas
4.    Mengisi ember dengan air hingga ¾ penuh .
5.    Memasukkan cermin ke dalam air
6.    Mengarahkan berkas cahaya hasil pantulan cermin pada kertas
7.    Mengamati gejala yang terjadi
8.    Mencatat hasil percobaan
V.       Hasil yang Diharapkan (prediksi)
Cahaya matahari dapat  terurai / mengalami dispersi dengan dibuktikan terbentuknya pelangi.

VI.    Hasil Percobaan
Tabel Percobaan I
Kegiatan
Posisi pengamat
Muncul Pelangi
Menyemprotkan air di dalam ruangan
Menghadap matahari

Membelakangi matahari

Menyemprotkan air di antara sinar matahari
Menghadap Matahari

Membelakangi Matahari

Beri tanda cek (V)

Tabel Percobaan II
Letak cermin
Terbentuk Pelangi [beri tanda cek (V)]

            Warna yang muncul
Di luar air


Di dalam air




VII.            Pembahasan
Percobaan I
        Pelangi terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari oleh titik – titik air hujan. Pembiasan itu sendiri adalah pembelokan arah rambat cahaya karena cahaya tersebut melewati dua medium yang berbeda. Untuk pelangi, cahaya matahari pertama-tama melewati medium udara kemudian medium titik-titik air dari semprotan.. Medium udara dan medium air adalah dua medium yang berbeda. Oleh karena itulah arah rambat cahaya matahari mengalami pembelokan atau yang sering disebut dengan pembiasan. Dengan adanya pembiasan cahaya matahari, maka terjadilah pelangi yang indah. Syarat untuk terjadinya pelangi adalah adanya cahaya matahari, adanya titik-titik air hujan, dan matahari ada di belakang kita, serta matahari, mata kita, dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.
                      
Percobaan II
Dari hasil pengamatan dapat damati bahwa berkas cahaya yang terbentuk dari hasil pantulan langsung pada kertas putih menghasilkan warna putih karena cahaya tidak mengalami penguraian/disperse. Sedangkan ketika cermin dimasukkan ke dalam air, maka pantulan cahaya akan melalui proses perpindahan medium sehingga terjadilah pembiasan dan penguraian warna putih menjadi warna-warna pelangi yang terlihat pada kertas putih.
Sinar matahari itu berwarna putih. Ketika cahaya mengenai air, warna cahaya yang tampak bukan putih lagi. Cahaya putih telah mengalami pembiasan dan terurai / terdispersi menjadi bermacam-macam warna. Jadi warna putih itu sebenarnya perpaduan dari bermacam-macam warna, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu (me-ji-ku-hi-bi-ni-u). Warna-warna cahaya yang membentuk cahaya putih itu disebut spektrum. Cahaya dengan warna yang berbeda tersebut, ketika masuk kedalam air dibiaskan dengan sudut bias yang berbeda. Sudut bias cahaya merah lebih kecil daripada sudut bias cahaya kuning. Cahaya ungu membias dengan sudut bias yang paling besar. Karena setiap warna cahaya membias dengan sudut bias yang berbeda, maka cahaya putih terurai menjadi warna-warna unsurnya.

VIII.         Kesimpulan
Dari hasil penelitian maka dapat kami ambil kesimpulan yaitu :
1.    Cahaya matahari merupakan cahaya putih yang jika dilewatkan pada  medium air, ternyata sinar biasnya akan terurai menjadi beberapa cahaya yang dikenal dengan warna pelangi. Warna pelangi yang terbentuk membentuk deretan warna. Hasil pengamatan menunjukkan ada tujuh warna cahaya yang diuraikan, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Penguraian warna putih menjadi warna-warna cahaya pembentuknya disebut dispersi cahaya.
2.    Cahaya matahari memiliki warna-warna cahaya (polikromatik).
3.    Syarat untuk terjadinya pelangi adalah adanya cahaya matahari, adanya titik-titik air hujan, dan matahari ada di belakang kita, serta matahari, mata kita, dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.



Referensi:
Azmiyawati, C. dkk (2008). IPA 5 Salingtemas. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Better Education. Sifat-Sifat Cahaya. [Online]. Tersedia: http://blog.unnes.ac.id/wildamr/2011/11/04/sifat-sifat-cahaya-ipa-sd-kelas-5/. [16 Februari 2012]
Cramer, Alan. H.1994. Fisika Untuk Ilmu Hayati. Gajah Mada Universitypress Yogyakarta
Sulistyanto, H & Edy Wiyono. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI    Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.


Lampiran
Dokumentasi Kegiatan





Alat dan Bahan










Pantulan berkas cahaya

        
        Semprotan air


LKM (LEMBAR KERJA MAHASISWA)

Nama                           : Riska Adi Kurniawan
NIM                            : 1401411350
Tanggal                        : 13 Mei 2014
Kompetensi Dasar          : 3.6 Memahami sifat-sifat cahaya melalui pengamatan dan mendeskripsikan penerapannya dalam kehidupan sehari-hariProsedur
1.        Kerjakan semua pertanyaan berikut secara urut !
No.
Pertanyaan
Respon Mahasiswa
1.
Amati dan catatlah benda apa saja yang dipersiapkan untuk percobaan ?
Semprotan, ember, air, cermin, kertas putih
2.
Apakah yang terjadi bila kita menyemprotkan air dari alat penyemprot di bawah sinar matahari ?
Ada titik-titik air yang kemudian membiaskan warna pelangi
3.
Berkaitan dengan percobaan tadi, pertanyaan apa sajakah menurut anda yang menarik dikemukakan?
Mengapa bisa ada pelangi ?
4.
Bagaimana alternatif jawaban dari setiap pertanyaan itu ?
Karena terjadi pembiasan cahaya matahari oleh titik-titik air
5.
Bagaimanakah percobaan untuk menguji setiap alternatif jawaban itu ?
Menyemprotkan air dari semprotan dengan berbagai metode, dan dengan jarak dan arah pandang yang berbeda
6.
Gejala apa sajakah yang diperkirakan akan terjadi bila pengujian/ percobaan itu direalisasikan ?
Ada saat pelangi tidak tampak karena sudut pandang yang tidak pas, pelangi dapat terlihat jika arah dan jarak sudut pandang sesuai

2.      Lakukan secara individu dengan cara mengerjakan semua pertanyaan sesuai urutannya, dan jawablah setiap pertanyaan berdasarkan hasil peng matan/ pengukuran yang anda lakukan atau kalau tidak memungkinkan dilakukan pengukuran jawablah berdasarkan pengetahuan yang anda miliki !
No.
Pertanyaan
Respon Mahasiswa
1.
Gejala apa sajakah yang dapat kita amati bila kita melakukan 2 percobaan masing- masing menggunakan sebuah cermin, kemudian ditempatkan pada medium yang berbeda yaitu udara dan air untuk memantulkan sinar matahari ?

2.
Bagaimanakah bentuk tabel untuk mencatat data dari percobaan tadi ?

3.
Samakah bila percobaan ini diulang beberapa kali pada dua medium yaitu air dan udara?

4.
Bagaimana warna berkas cahaya yang terbentuk ?

5.
Kesimpulan apa yang anda dapat peroleh dari percobaan ini ?


Curriculum Vitae

















Nama                                       : Wahyu Aditya Manunggal
Tempat, Tanggal lahir                : Pati, 15 Oktober 1993;
Agama                                     : Islam;
Alamat                                     : Desa sidokerto RT 7 RW 2 no.13 Jambeanraya,
Nomer telepon                         : 085740802849 (mobile phone);
Email                                        : wahyou.adit@gmail.com
                                                  wahyou.adit@yahoo.com 

Riwayat Pendidikan
Ø  Pendidikan Formal
  1.  SD N 01 Sidokerto
  2. SMP N 3 Pati
  3. SMA PGRI 1 Pati
  4. PGSD FIP UNNES

Ø  Organisasi:
1.      Komunitas Pembinaan Minat dan Bakat Teknologi Informasi SMA PGRI 1   Pati
2.      Unit Mentoring Agama Islam (UMAI) bagian divisi kurikulum
3.      LDK jurusan, Forum Silaturrahim Dakwah Kampus (FIRDAUS)
4.      Elementary School Teacher Voice (Es Tea Voice)

.

Saturday, July 19, 2014

0 comments:

Copyright © 2012 HENSHIN !!! | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Johanes DJ